Bunda Wajib Tahu, Begini Untung-Rugi Investasi Perhiasan Emas

Emak-emak di Madura yang berpenampilan bak 'toko emas berjalan' saat menghadiri kondangan. (Foto: Dok. TikTok @fuad_fahrozi.)

Berkat video yang diunggah oleh akun TikTok @fuad_farozi, gaya emak-emak (ibu-ibu) di Madura yang pergi ke acara nikahan langsung viral. Hal itu disebabkan karena mereka kerap mengenakan banyak perhiasan emas hingga akhirnya disebut bak toko emas berjalan.

Diberitakan Detik.com (19/3), perempuan-perempuan yang mengenakan banyak perhiasan emas tersebut menghadiri hajatan yang diselenggarakan oleh Hj. Luluk pada 12 Maret 2023. Kabarnya, keluarga pemangku hajat rata-rata adalah pengusaha toko emas.

Fahrozi yang mengunggah video tersebut juga bercerita, ibu-ibu Madura memiliki kesamaan dengan Bugis perihal gaya ketika menghadiri hajatan. Umumnya mereka selalu mengenakan seluruh perhiasan yang mereka miliki saat acara tersebut.

Sejatinya perhiasan emas tentunya merupakan sebuah aset yang bisa diperjual-belikan. Namun bagaimana jika seseorang menginginkan barang ini sebagai investasi? Berikut penjelasannya.

Bisa dipakai sebagai aksesoris tapi rata-rata bukan emas murni

Satu keunggulan memiliki perhiasan emas adalah bisa dikenakan kapanpun sebagai aksesoris, yang menunjang penampilan Anda. Namun perhiasan umumnya bukan terbuat dari emas murni layaknya emas batangan.

Umumnya, ada zat-zat atau logam lain yang dicampurkan ke dalam perhiasan emas. Sebut saja seperti, perak, tembaga, seng, palladium, dan lain sebagainya.

Meski ada kandungan emas, namun risiko yang kemungkinan besar terjadi ketika Anda ingin menjualnya adalah penurunan harga. Hal itu bisa terjadi meski harga emas sedang mengalami kenaikan.

Bisa beli sesuai kemampuan tapi cenderung mahal

Walau Anda bisa membeli perhiasan sesuai dengan kemampuan finansial Anda, harga perhiasan emas umumnya akan lebih tinggi ketimbang harga emas murni. Apa alasannya? Tentu saja karena ada biaya produksi yang dihitung dalam perhiasan emas.

Proses pembuatan perhiasan emas tentu tidak mudah, dan tenaga ahli dalam pembuatan juga tentunya tidak gratis. Itulah sebabnya, ada mark-up nilai yang terjadi ketika Anda membeli satu perhiasan emas.

Jadi jangan kaget ketika Anda ingin membeli perhiasan yang kadar emas hanya nol koma sekian gram, Anda harus membayar dengan harga yang lebih tinggi dari 1 gram emas.

Walau berbentuk nyata, ada risiko hilang dan rusak

Sama seperti batangan, mengingat ini adalah aset riil yang bisa dengan mudah berpindah tangan, risiko hilang pun akan tetap ada.

Selain hilang, ada pula risiko kerusakan yang mungkin tidak bisa Anda lihat secara kasat mata. Kerusakan ini tentu saja bisa menurunkan harga jual perhiasan emas Anda di kemudian hari.

Perhiasan emas lebih tepat disebut aset guna

Mengingat banyak sekali kerugian ketika seseorang hendak menjadikan aset ini sebagai investasi, alangkah baiknya untuk memandang aset ini sebagai aset guna saja.

Jika Anda ingin membelinya, belilah tanpa mengharapkan adanya imbal hasil fantastis dari harga jual perhiasan Anda di masa depan.

Apabila Anda ingin berinvestasi emas, belilah emas batangan atau emas digital di platform yang sudah berizin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*