Elon Musk Hapus Anjing Shiba dari Twitter, Dogecoin Jeblok!

Ilustrasi Doge (Photo by Crystal Mapes on Unsplash)

Aset kripto Dogecoin (DOGE) anjlok seiring Twitter kembali mengembalikan logo ikonik burung biru usai sempat memasang ikon meme anjing Shiba Inu yang diasosiasikan dengan token kripto di tombol home pada Senin lalu (3/4/2023).

Menurut data Coinmarketcap.com, Jumat (7/4/2023), pukul 15.13 WIB, DOGE merosot tajam 9,08% ke US$ 0,08281.

Pada Senin, alih-alih logo burung biru, sejumlah pengguna Twitter melihat logo Shiba Inu, yang menjadi representasi visual meme anjing dan token DOGE, terpasang di pojok kiri atas halaman beranda (home page) akun media sosial tersebut.

Seiring hari perayaan prank April Mop atau April Fool’s Day 1 April, sang pemilik Twitter Elon Musk juga mengunggah gambar maskot Dogecoin sesaat setelah logo berganti. Selain maskot tersebut, ada polisi yang sedang menilang dan memegang foto logo Twitter lama.

“Itu foto lama,” tulis dalam boks percakapan yang mengarah ke maskot Dogecoin.

Sontak saja, hal tersebut membuat DOGE melonjak 30% pada perdagangan intraday Senin. Komunitas kripto pun riuh pada Senin seiring lonjakan DOGE akibat ‘ulah’ Musk tersebut.

Elon Musk memang sudah sejak lama menjadi pendukung Dogecoin, cryptocurrency yang dibuat sebagai lelucon pada 2013. Bahkan, DOGE menjadi mata uang diterima sebagai pembayaran sejumlah produk Tesla Inc pimpinan Musk.

Pasar Kripto Lesu

Pasar aset kripto (cryptocurrency) cenderung terkoreksi tipis selama Jumat (7/4/2023) seiring investor menunggu data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) malam nanti.

Menurut data Coinmarketcap.com, harga kripto terbesar bitcoin (BTC) terkoreksi 0,50% ke posisi US$27.805,20. Kripto Ether (ETH) juga melemah 1,70% ke US$1.848,21.

Sementara, token yang berhasil melonjak tinggi selama 24 jam terakhir adalah Terra Classic (LUNC) dengan kenaikan 2,54%.

Laporan data ketenagakerjaan AS per Maret akan dirilis pada Jumat dan berpotensi menjadi sentimen utama untuk pasar kripto.

Para trader akan mencermati angka Non-Farm Payrolls (NFP) yang diperkirakan akan moderat menjadi 239.000 dari sebelumnya 311.000 sebulan lalu. Ini menjadi ukuran utama pasar tenaga kerja dan pertumbuhan gaji karyawan di AS.

Namun, seiring pasar AS tutup hari ini seiring perayaan Jumat Agung, pasar kripto tampaknya akan cenderung flat. Ini karena biasanya, pasar kripto akan melihat pergerakan dolar AS, imbal hasil Treasury, dan pasar saham AS.

Apalagi, likuiditas pasar kripto juga akan seret hari ini dan bakal membuat perdagangan sedikit sulit diprediksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*