Kerja Sama Budidaya Durian dengan Tiongkok, Bupati Franc Rapat Koordinasi dengan Kemenko Marves RI

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI (Kemenko Marves RI) di Rumah Dinas Bupati Pakpak Bharat, Kota Salak, Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Senin (19/2/2024).

Pertemuan ini dilakukan guna menindaklanssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssjuti usulan lahan potensial untuk pengembangan dan investasi budidaya durian kerja sama antara Pemerintah RI dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Kabupaten Pakpak Bharat.

“Kita bahas teknis kerja samanya, teknis budidaya durian bernilai ekonomis tinggi, untuk kita kembangkan melalui kerja sama antara Pemerintah RI dan RRT di Kabupaten Pakpak Bharat,”ujar Bupati Franc Bernhard Tumanggor.

Dalam pertemuan ini juga dipaparkan hasil monitoring kunjungan lapangan atas usulan lahan yang disampaikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat beberapa waktu lalu.

Perwakilan Kemenko Marves RI, DR. Van Basten mengatakan, Kabupaten Pakpak Bharat sangat cocok budidaya durian. Hal itu setelah pihaknya melakukan survei langsung ke lokasi.

“Setelah kami survei dan kami lihat langsung, memang sangat cocok untuk budidaya durian, topografinya, iklim dan sebagainya, nanti hasil kunjungan lapangan dan pertemuan ini akan kami bawa dan laporkan kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI di Jakarta,”ujar DR. Van Basten.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator dan Investasi RI saat ini tengah menggarap kerja sama pengembangan tanaman durian dengan Pemerintah RRT.

Tanaman yang dikenal sebagai raja buah ini dipandang sangat potensial dan berkualitas tinggi di Kabupaten Pakpak Bharat khususnya di Kecamatan Pagindar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*